Peneliti Keamanan Google Berhasil Hack PC Melalui RAM


Penelitian Keamanan Google Berhasil Hack PC Melalui RAM


Anda sudah tahu bahwa tidak ada sistem yang 100% aman. Jika Anda membutuhkan lebih banyak bukti, peneliti keamanan dari Google telah berhasil menulis kode serangan yang menciptakan titik masuk ke sistem dengan menulis ulang nilai-nilai biner pada memori DRAM.

Kode ini diuji pada 30 laptop yang diproduksi antara tahun 2010 sampai sekarang, semua laptop menggunakan memori DDR3. Meskipun hanya bekerja pada beberapa perangkat, ini masih bisa meningkat dan akan menjadi masalah besar keamanan. Untuk alasan yang jelas, para analis memilih untuk tidak mengungkapkan model dan merek dari PC yang menjadi sasaran serangan. Mark Seaborn, software engineer Google, menulis: "Kami tidak tahu pasti berapa banyak mesin yang rentan terhadap serangan ini, atau berapa banyak mesin yang rentan yang dapat diperbaiki". Kode yang digunakan didasarkan pada makalah yang ditulis tahun lalu yang menggambarkan, bagaimana menggunakan proses yang disebut bit flipping, hacker bisa menggunakan gangguan listrik untuk mengubah nilai-nilai biner.

Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini menggunakan versi perbaikan dari bit flipping (bernama rowhammering) dan berulang kali mengakses deretan sel memori untuk mengubah nilai-nilai mereka.

Sedikit kabar baik untuk Anda adalah bahwa tes awal telah menunjukkan jenis terbaru dari DRAM, DDR4, jauh tahan terhadap jenis serangan dari DDR3. Namun, untuk pastinya setelah penelitian selesai.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: PCWorld 

Post a Comment