Steam Chatting Menyebarkan Malware Berbahaya

Steam Chatting Menyebarkan Malware Berbahaya

Jika Anda mendapatkan kiriman link yang mencurigakan dari orang yang tidak dikenal, mungkin Anda tahu itu berbahaya. Tetapi jika kiriman link yang mencurigakan datang dari seorang teman ini adalah sebuah kasus marjinal. Para penjahat sedang menggunakan Steam, platform PC gaming populer Valve, untuk menyebarkan malware dengan menyembunyikan program jahat dalam screenshot. Program berbahaya yang terlihat datang dari seorang teman yang terpercaya.

Ahli keamanan Graham Cluley mengungkapkan; Malware datang melalui Steam built-in chat client dan kemungkinan besar akan datang dari seseorang yang Anda kenal.

Jika Anda menerima pesan di Steam yang bertuliskan "WTF ?????" dan link ke gambar JPEG "screenshot" Anda harus memberitahukan teman Anda untuk menjalankan scan virus. Link tidak mengarah pada gambar aneh, melainkan ke file executable SCR.

Setelah diklik, file tersebut akan men-download dan menginstal secara otomatis. File SCR tertentu menargetkan Steam, yang berarti dapat mencuri login dan informasi akun Anda. Setidaknya, itu membahayakan daftar teman Anda dan mengirimkan pesan "WTF" malware-ridden untuk semua kontak Anda. 

Lebih buruk lagi, hanya sekitar setengah dari program antivirus yang mampu mendeteksi malware.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: Foxnews

Post a Comment