China Memblokir Google Gmail


(Reuters) - Google Inc Gmail diblokir di China, sehingga klien email terbesar di dunia tidak dapat lagi diakses dari dalam negeri. Sebuah organisasi anti-sensor dari China bernama GreatFire.org telah menyatakan bahwa mail client Google telah hampir sepenuhnya diblokir selama empat hari terakhir.

"Saya pikir pemerintah hanya berusaha untuk lebih menghilangkan kehadiran Google di Cina dan bahkan melemahkan pasar luar negeri," kata anggota GreatFire.org, yang menggunakan nama samaran.

"Kami sudah memeriksa dan tidak ada yang salah di pihak kita," kata juru bicara yang berbasis di Singapura untuk Google mengatakan dalam sebuah email. Di Washington, Departemen Luar Negeri AS menyatakan keprihatinan atas tindakan China.

Ketika ditanya oleh media tentang alasan di balik penyumbatan, Google memberikan jawaban yang mengelak "Kami sudah memeriksa dan tidak ada yang salah di pihak kita," Hua Chunying, juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa dia tidak memiliki informasi tentang Gmail diblokir.

Namun, menurut kelompok GreatFire "pemerintah hanya mencoba untuk menghilangkan kehadiran Google di China dan bahkan melemahkan pasar luar negeri." Karena sebagian besar layanan Google telah terhalang oleh pemerintah China sejak Juni tahun ini, pernyataan tersebut tampaknya tidak begitu berlebihan.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: Reuters

Post a Comment