Cara Bersihkan Layar Datar TV atau Monitor Komputer


Monitor dan televisi layar datar sebagian besar adalah layar LCD (termasuk LED-backlit LCD) yang memerlukan perhatian khusus saat membersihkannya.

Jenis layar CRT "tabung" monitor dan TV, dapat dibersihkan dengan cara cukup banyak seperti yang Anda lakukan pada kaca lainnya di rumah atau kantor.

Layar datar monitor dan televisi, bagaimanapun jauh lebih sensitif dan mudah tergores dan rusak. Hal yang sama berlaku untuk layar laptop atau tablet Anda, dan layar pada smartphone atau e-book reader Anda.

Ikuti beberapa langkah mudah dan aman dalam membersihkan layar datar monitor Anda, TV, layar laptop, atau perangkat lain hanya dalam beberapa menit.

Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan layar datar, seperti TV LCD atau monitor, biasanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit

Cara Bersihkan TV layar datar atau Monitor Komputer

  1. Matikan perangkat. Jika layar gelap, akan lebih mudah untuk melihat daerah yang kotor atau berminyak.
  2. Gunakan kain kering yang sangat lembut untuk mengelap layar. Gunakan jenis kain microfiber yang digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.
  3. Jika kain kering tidak sepenuhnya menghilangkan kotoran atau minyak, jangan menekan terlalu keras dalam upaya untuk menggosok. Menekan secara langsung ke layar dapat menyebabkan piksel terbakar, terutama pada layar laptop, monitor desktop, dan LCD / layar TV LED. Hal ini tidak begitu banyak masalah pada layar yang dirancang untuk disentuh, seperti ponsel dan tablet, tapi tetap hati-hati.
  4. Jika perlu, membasahi kain dengan air suling atau dengan rasio yang sama antara air suling dengan cuka putih. Banyak perusahaan menjual botol semprot kecil cleaner khusus untuk layar datar
  5. Tepi plastik yang mengelilingi layar dapat dibersihkan dengan pembersih serbaguna tapi berhati-hati untuk menghindari kontak dengan layar itu sendiri.

Tips & Informasi Lebih Lanjut

  1. Hindari menggunakan tisu kertas, tisu toilet, atau menggunakan baju Anda untuk menghapus layar. Bahan non-ultrasoft ini dapat menggores layar.
  2. Hindari produk pembersih yang mengandung amonia (seperti Windex®), etil alkohol (Everclear® atau alkohol kuat lainnya), toluena (pelarut cat), serta aseton atau etil asetat (sering digunakan dalam cat kuku). Bahan kimia ini dapat bereaksi dengan bahan-bahan dari layar datar dan bisa menghitamkan layar atau menyebabkan jenis kerusakan lain.
  3. Jangan menyemprotkan cairan secara langsung pada layar apapun. Cairan bisa berjalan di dalam perangkat dan menyebabkan kerusakan.
Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: pcsupport

Post a Comment