Peringatan Pada Pengguna 3D Untuk Anak

Peringatan Pada Penggunaan 3D Untuk Anak

Badan Pangan, Lingkungan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Anses) Prancis telah merekomendasikan bahwa anak-anak di bawah usia enam tahun tidak boleh akses ke konten 3D. Ini mengikuti penelitian kemungkinan dampak pencitraan 3D pada masih berkembang mata. Anses menambahkan bahwa akses bagi mereka untuk usia 13 harus "moderat".

Menurut Anses, proses asimilasi efek tiga dimensi membutuhkan mata untuk melihat gambar di dua tempat yang berbeda pada saat yang sama sebelum otak menterjemahkannya sebagai satu gambar.

"Pada anak-anak, dan terutama sebelum usia enam tahun, efek kesehatan dari konflik Vergence-akomodasi ini bisa menjadi jauh lebih parah mengingat perkembangan aktif dari sistem visual saat ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Ini bukan pertama kalinya pertanyaan telah diajukan tentang keamanan 3D, yang digunakan di banyak film serta pada beberapa video game, TV dan layar komputer.

Italia telah berupaya untuk membatasi penggunaan kacamata 3D untuk anak-anak muda, mengikuti peringatan serupa dari badan kesehatan nasional tahun lalu.

Ketika Nintendo merilis konsol 3D video pada tahun 2010, Nintendo memperingatkan bahwa bermain game bisa merusak penglihatan anak-anak di bawah enam tahun.

Semakin banyak perusahaan yang menciptakan produk 3D-enabled dan Apple dikabarkan akan mengembangkan tampilan 3D yang dapat dilihat tanpa perlu memakai kacamata khusus. 

The American Optometric Association mengatakan bahwa mereka telah tidak ada laporan tentang kerusakan mata sebagai akibat dari aa melihat konten 3D.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: BBC

Post a Comment