Jutaan Website Terkena Serangan Drupal Hack

Jutaan Website Terkena Serangan Drupal Hack
Kejahatan di dunia maya (internet) tidak akan pernah berhenti dan akan terus ada, kali ini yang menjadi korban adalah Drupal. Drupal digunakan oleh para pengguna situs untuk mengelola konten web, gambar, teks, dan video. Kurang lebih 12 juta website mungkin telah disusupi oleh penyerang yang memanfaatkan bug dalam perangkat lunak Drupal.

Drupal telah mengeluarkan peringatan keamanan; siapa pun yang tidak mengambil tindakan dalam waktu tujuh jam dari bug yang ditemukan pada tanggal 15 Oktober harus "harus melanjutkan dengan asumsi" bahwa situs mereka telah disusupi. Dikatakan serangan secara otomatis yang memanfaatkan bug dapat membiarkan penyerang mengambil alih sebuah situs.

"Penyerang mungkin telah menyalin semua data dari situs Anda dan bisa menggunakannya," kata pemberitahuan tersebut. "Mungkin tidak ada jejak serangan itu." Hal ini juga tersedia link ke saran yang akan membantu situs dalam pemulihan dari penyusupan.

Mark Stockley, seorang analis di perusahaan keamanan Sophos, mengatakan peringatan itu "mengejutkan". Akses mereka dapat digunakan untuk mengendalikan server atau situs dengan malware, katanya. Ia memperkirakan bahwa 5,1% dari miliaran atau lebih situs di web menggunakan Drupal 7 untuk mengelola konten mereka, ini berarti jumlah situs yang membutuhkan patch bisa setinggi 12 juta.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: BBC


Post a Comment