Regin, Software Paling Canggih Untuk Memata-matai Komputer

Regin, Software Paling Canggih Untuk Memata-matai Komputer
[Image: Job.aol.com]

Sebuah perusahaan keamanan komputer terkemuka mengatakan telah menemukan salah satu bagian yang paling canggih dari software berbahaya yang pernah dilihat.

Setelah diinstal pada komputer, dapat melakukan hal-hal seperti screenshot capture, mencuri password atau memulihkan file yang telah dihapus. (Baca: Snowden Mengklaim Pemerintah Selandia Baru Terlibat Dalam Memata-matai Warganya)

Symantec mengatakan sotware bernama Regin, mungkin dibuat oleh pemerintah dan telah digunakan selama enam tahun terhadap berbagai sasaran di seluruh dunia. Para ahli mengatakan komputer di Rusia, Arab Saudi dan Irlandia sudah terkena. Seperti organisasi pemerintah, bisnis dan individu swasta, kata mereka.

Para peneliti mengatakan kecanggihan software menunjukkan bahwa, software ini adalah alat spionase cyber yang dikembangkan oleh sebuah negara.


Mereka juga mengatakan kemungkinan waktu yang dibutuhkan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mengembangkan, dan penciptanya telah berusaha keras untuk menutupi jalurnya.

Sian John, seorang analis keamanan di Symantec, mengatakan: "Sepertinya itu berasal dari sebuah organisasi Barat dilihat dari tingkat keterampilan dan keahlian, lamanya waktu di mana ia dikembangkan…"

Symantec telah menarik persamaan kasus ini dengan Stuxnet, sebuah worm komputer diduga telah dikembangkan oleh AS dan Israel untuk menargetkan program nuklir Iran. (Baca: Target Serangan Malware Stuxnet Adalah Energi dan Utilitas Perusahaan)

Stuxnet dirancang untuk merusak peralatan, sedangkan tujuan Regin tampaknya untuk mengumpulkan informasi.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: BBC News


Post a Comment