Google Meningkatkan Keamanan Akun Dengan Key USB

Google Meningkatkan Keamanan Akun Dengan Key USB

Dengan adanya pelanggaran keamanan yang cukup banyak jumlahnya dimana data seperti username dan password jatuh ke tangan penjahat cyber. Pengguna internet semakin didorong untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan layanan Web yang menawarkan itu.

Baru-baru ini Google mengumumkan tentang penambahan kemanan “perlindungan yang lebih kuat” untuk melindungi account Web Anda,ini adalah sebuah langkah yang bertujuan memberikan rasa ketenangan "individu terutama keamanan data sensitif."

Metode, yang disebut Security Key, menggunakan Universal 2 Factor (U2F) protokol dari Fido (Fast Identity Online) Alliance. Ini melibatkan pasangan pertama perangkat kecil, key, dengan akun Google Anda. Setelah itu, setiap kali Anda log in dengan password Anda, Anda hanya memasukkan key ke port USB komputer Anda, tunggu prompt (misalnya. Lampu kilat pada perangkat).

Keuntungan penting dari key ini adalah menawarkan peningkatan perlindungan terhadap penipuan phishing karena hanya bekerja dengan situs Google asli daripada situs imitasi yang dirancang untuk menipu Anda agar menyerahkan data sensitif, seperti password Anda.
"Ketika Anda masuk ke Akun Google Anda menggunakan Chrome dan Keamanan Key, Anda yakin bahwa tanda kriptografi bukan phishing," tulis Google Nishit Shah dalam posting blog.

Namun, harap diperhatikan bahwa jika Anda log in menggunakan tablet yang tidak memiliki port USB, Anda harus kembali pada salah satu pilihan dua-langkah verifikasi yang lain. Shah juga mengatakan, untuk mengakses akun Google yang menggunakan key ini hanya dapat dilakukan melalui browser Chrome.

"Ini harapan kami bahwa browser lain akan menambahkan dukungan Fido U2F," kata Shah.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: Foxnews

Post a Comment