China Memblokir Instagram Selama Protes Hong Kong

China Memblokir Instagram Selama Protes Hong Kong

Instagram, layanan berbagi foto populer yang dimiliki oleh Facebook Inc (FB.O), telah diblokir di China, menurut sejumlah laporan, termasuk dari wartawan berbasis di Hong Kong dengan New York Times. Menurut berbagai laporan dari warga China dan di tempat wartawan, berita ini masih sebatas rumor karena belum ada laporan resmi. 

Situs www.blockedinchina.net juga menunjukkan bahwa Instagram diblokir di China, termasuk di Beijing dan Shenzhen.

Instagram, salah satu situs media berbagi yang paling banyak digunakan di dunia, entah bagaimana berhasil menjadi sangat populer di China, sebuah negara di mana perusahaan induknya Facebook, telah diblokir selama bertahun-tahun di China. Di tengah-tengah protes Hongkong, beberapa bentrokan antara massa dan polisi menyebabkan berbagai video diposting di Instagram. Karena banyak video diposting di Instagram, pemerintah China memutuskan memblokir situs tersebut. Selain itu, Weebo (penggantian China untuk Twitter) menghadapi masalah serupa, memiliki semua gambar dan pesan dengan hashtag #OccupyCentral diblokir.

Meskipun Instagram telah diblokir di daratan China, orang-orang dari Hong Kong dan negara-negara lain masih bisa mengirim dan melihat gambar yang berkaitan dengan protes.

Sumber : Reuters

Post a Comment