Cara Membuat Mesin Virtual (Bagian I)

Jika Anda ingin belajar tentang mesin virtual dan bagaimana untuk membuatnya, di sini adalah tempat untuk mencari tahu.
Cara Membuat Mesin Virtual (Bagian I)

Bagian Pertama: Membuat Mesin Virtual


Anda pengguna komputer yang cukup lama, pasti sudah mendengar tentang mesin virtual. Dan jika Anda masih bertanya-tanya apa itu mesin virtual (virtual machine),  saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan singkat tentang Mesin virtual (Virtual Machine). Pada dasarnya, mesin virtual adalah sebuah program komputer yang apa bila kita instal akan menghasilkan komputer virtual dengan sistem operasi sendiri dan didalamnya Anda bisa menginstal program yang Anda inginkan. Mesin virtual sangat berguna ketika Anda membutuhkan cara mudah untuk menggunakan dua atau lebih sistem operasi sekaligus.

Membuat mesin virtual sangat mudah terutama jika Anda menggunakan pengaturan dasar. Hal pertama yang Anda butuhkan adalah sebuah program untuk membuat mesin virtual. Pada kesempatan ini saya akan merekomendasikan program VMware Player, Microsoft Virtual PC atau VirtualBox (semua gratis). Anda juga dapat menggunakan program lain yang akan membuat Anda merasa nyaman dengan program tersebut. Setelah menginstal salah satu program, Anda harus mengikuti beberapa langkah mudah, yang bisa Anda temukan di bagian kedua dari artikel ini. Kita akan mulai dengan program VmWare Player.

VMware Player

Cara Membuat Mesin Virtual (Bagian I)


VMware Player adalah alat yang power full dan sangat user-friendly. Program ini mudah digunakan, bahkan jika Anda belum pernah membuat mesin virtual sebelumnya. Apa yang menonjol tentang aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menginstal paket perangkat lunak tambahan yang disebut VMware Tools yang membantu dengan integrasi antara mesin virtual dan host. Selain itu, VMware menawarkan dukungan untuk fitur Aero, sehingga akan menjaga tampilan bergaya utuh Windows Anda.

Microsoft Virtual PC

Cara Membuat Mesin Virtual (Bagian I)

Microsoft Virtual PC adalah solusi virtualisasi yang handal yang bisa digunakan. Masalah terbesar dengan alat ini adalah bahwa program ini dikembangkan oleh Microsoft, maka hanya menawarkan dukungan untuk produk Microsoft lainnya. Mesin virtual yang dibuat dengan program ini hanya akan dapat menggunakan versi OS Windows. Namun, jika Anda memiliki masalah dengan aplikasi tertentu tidak kompatibel dengan versi Windows, tidak disarankan untuk menggunakan Microsoft Virtual PC.

VirtualBox

Cara Membuat Mesin Virtual (Bagian I)

Program ini sangat berguna dan populer karena dapat diinstal pada sistem operasi Windows, Mac, Linux dan Solaris. Salah satu hal yang paling disukai tentang program ini adalah menawarkan dokumentasi bantuan yang luas serat program ini open source, jadi jika Anda mencari solusi virtualizaiton yang kustomisasi, program ini cocok untuk Anda.

Nah... untuk mengetahui cara pembuatan mesin virtual, silahkan lanjutkan untuk membaca... Cara Membuat Mesin Virtual (Bagian II)


Post a Comment