Tips Melindungi Smartphone Android Anda Dari Malware

Saat ini ponsel telah menjadi bagian tak terhindarkan dari hidup kita selama bertahun-tahun. Ponsel tidak hanya berfungsi sebagai telepon, tetapi sudah menggabungkan fungsionalitas seperti komputer. Meskipun kegunaan dan kebutuhan dapat terdokumentasi dengan baik, ponsel berbasis Android tidak lepas dari resiko adanya aplikasi spyware yang dapat mengawasi Anda, Trojan yang dapat mengambil kendali telepon Anda dan mencuri informasi rekening bank Anda. Inilah sebabnya mengapa keamanan ponsel Android Anda sangat penting.
Tips Melindungi Smartphone Android Anda Dari Malware


A. Gunakan Kunci, Password dan Software Anti-Pencuri

Sebelum mengamankan ponsel Anda dari ancaman secara online, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa ponsel Anda aman dari orang-orang sekitar Anda. Inilah sebabnya mengapa dianjurkan untuk menggunakan nomor PIN yang rumit dan kode kunci atau pola kunci unik. Selain itu, menginstal perangkat lunak anti-pencurian. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda coba:

1. Cerberus 

Cerberus adalah aplikasi anti-pencurian yang lengkap dan terbaik. Jika telepon Anda hilang atau dicuri kunjungi website resminya, Anda dapat mengambil screenshot, merekam video dan audio, mengirimkan pesan ke telepon, mengunci, melacak lokasi ponsel cerdas Anda dan bahkan dapat melakukan panggilan ke nomor yang Anda tentukan

2. Prey

Prey adalah aplikasi anti-pencurian paling lengkap. Hal ini memungkinkan Anda melacak dan menemukan ponsel, tablet dan laptop Anda yang hilang atau dicuri. Aplikasi ini 100% gratis dan Anda dapat melindungi hingga 3 perangkat dengan satu account.

3. Android Lost

Pada Android Lost, semua fitur standar untuk pelacakan smartphone tetap ada seperti, GPS dan SMS. Fitur tambahan lainnya yang berguna bagi user yang kehilangan ponsel adalah kemampuannya untuk menghidupkan GPS (via web), menghidupkan WIFI dan data internet via SMS. Juga dapat merekam pembicaraan telepon selama 30 detik. AndroidLost menyediakan versi gratis dan versi berbayar.


B. Download Aplikasi dari Sumber-sumber yang Aman

Sangat penting bahwa Anda hanya men-download aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store. Mengapa? Google Bouncer menscan semua aplikasi dari Google Play Store, memverifikasi sertifikat lisensi sehingga mengurangi resiko terinfeksi. Selain itu, aplikasi yang sah mungkin juga "disuntikkan" dengan konten berbahaya, yang menyusup ke telepon. Anda harus menghapus centang kotak yang menyatakan "unknown sources", ini akan mencegah telepon Anda dari memasang aplikasi yang berasal dari sumber tidak terpercaya (untrusted).

C. Meng-update Sistem Operasi Aandroid dan Aplikasi

Pengembang perangkat lunak terus menyibukkan diri untuk mengatasi kerentanan dalam aplikasi mereka. Dengan meng-update secara teratur sistem operasi dan aplikasi Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan dari upgrade keamanan terbaru yang tersedia

D. Ikuti Petunjuk Menginstal Aplikasi

Ketika Anda memutuskan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi baru, Anda harus benar-benar membaca kebijakan privasi dan daftar izin yang diminta untuk menilai seberapa aman aplikasi tersebut. Selain itu, sempatkan untuk membaca komentar, peringkat dan ulasan pengguna lain untuk mendapatkan informasi lengkap dari app.

E. Jangan Mempermudah Orang Lain Mengakses Data Pribadi Anda

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindari orang-orang yang berniat jahat mengakses informasi sensitif Anda. Anda harus selalu log out dari account Anda setelah menyelesaikan tugas-tugas Anda. Selain itu tidak menjawab SMS atau email yang memerlukan data tanpa memverifikasi (memanggil) sumber pertama. selain itu non-aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak digunakan.

Hal yang mustahil untuk menjaga Android Anda 100% aman, sementara Anda juga aktif menggunakannya. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menginstal beberapa apps yang mengkhususkan diri dalam keamanan. Berikut beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan:

1. Avast! Mobile Security

Avast! Mobile Security adalah antivirus gratis untuk mengamankan Android terhadap hal yang tidak diinginkan seperti phishing, malware, spyware dan virus berbahaya dan bahkan terhadap kehilangan atau pencurian.

2. 360 Security

Aplikasi gratis ini dirancang untuk melindungi ponsel Android Anda terhadap virus terbaru, malware, kerentanan sistem, dan risiko privasi. Juga membersihkan cache dan sampah untuk meningkatkan kinerja ponsel Android Anda.

3. CM Security

CM Security mendapatkan peringkat pertama dari Institut AV-TEST. CM Security adalah contoh lain bahwa app gratis yang bekerja contoh lain bahwa app gratis bekerja dengan baik. User-friendly, kemampuan untuk menjadwalkan scan dan membuat aman pada saat Anda browsing.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: info


Post a Comment