Snowden Mengklaim Pemerintah Selandia Baru Terlibat dalam Memata-matai Warga


Edward Snowden dikabarkan masih tinggal di Rusia, ia bersembunyi dari pemerintah Amerika Serikat. Edward Snowden adalah mantan kontraktor teknik Amerika Serikat dan karyawan Central  Intelligence Agency (CIA) yang menjadi kontraktor untuk National Security Agency (NSA) sebelum membocorkan informasi program mata-mata rahasia NSA kepada pers. Snowden membocorkan  informasi rahasia seputar program-progam NSA yang sangat rahasia seperti PRISM kepada The Guardian dan The Washington Post pada Juni 2013. Snowden mengatakan bahwa pembocoran PRISM dan perintah FISA terkait dengan aksi pengambilan data oleh NSA bertujuan mengungkap apa yang ia yakini sebagai tindakan berlebihan oleh pemerintah untuk memantau aktivitas warga Amerika Serikat.

Skandal Snowden telah menyebabkan hubungan luar negeri Amerika Serikat dengan beberapa negara di Eropa seperti Prancis danJerman menjadi terganggu. Saat ini, Russia memberikan perlindungan suaka kepada Snowden dengan catatan Snowden tidak akan lagi bergerak untuk "menyakiti" Amerika Serikat.


Dalam bagian baru Snowden klaim Perdana Menteri Selandia Baru John Key berbohong tentang memata-matai warga di negeri ini. Snowden mengatakan saat bekerja untuk NSA dia melihat banyak informasi pribadi Selandia Baru. Informasi ini disalurkan melalui Biro Selandia Baru Government Communications Security Bureau (GCSB), yang kemudian dikirim ke sistem yang disebut X-Keyscore. Sistem ini telah bekerja dengan NSA dan tim pengintaian warga lainnya di Inggris, Kanada dan Australia.

X-Keyscore tampaknya memiliki satu fitur tersembunyi, yang memungkinkan salah seorang pekerja untuk melihat semua informasi yang dikumpulkan di Selandia Baru. Snowden mengklaim Perdana Menteri John Key tahu informasi ini dan bahkan telah melewati aturan baru, untuk menerapkan algoritma.

Algoritma akan dapat langsung mencari frase, nomor atau kata. Ini bisa cepat menghentikan hal-hal seperti unjuk rasa, anti-pemerintah karena X-Keyscore menyimpan informasi tentang jejaring sosial, dll.

John key membantah pemerintah memata-matai warga, GCSB mengatakan hanya memata-matai ancaman teroris, tetapi tidak memata-matai orang sehari-hari. Snowden tidak percaya dan mengklaim bahwa ada diantara salah satu pekerja memata-matai semua informasi pribadi dari suatu Negara, itu adalah memata-matai warga.

Menurut Snowden, Selandia Baru merupakan bagian dari “Five Eyes Defeat” yaitu meliputi Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia, semua negara mampu memata-matai warganya.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber : FileHippo

Post a Comment