Bagaimana Mengubah PC Anda Menjadi Router WiFi

Cari tahu bagaimana untuk berbagi koneksi Internet berbasis kabel dengan perangkat lain di rumah Anda melalui WiFi
Mengubah PC Anda Menjadi Router WiFi

Banyak keutungan yang ditawarkan menggunakan koneksi internet berbasis kabel, tetapi salah satu masalah terbesar adalah kenyataan bahwa akan sangat sulit untuk berbagi dengan perangkat lain. Anda bisa bayangkan satu-satunya kabel internet Anda hanya memiliki satu colokkan ke PC Anda dan pada saat bersamaan teman Anda ingin terkoneksi ke internet. Apakah Anda cukup melepaskan kabel dan memberikan ke teman Anda? Itu bisa saja Anda lakukan, tetapi bagaimana jika Anda membutuhkan Internet juga? Atau yang lebih buruk lagi, bagaimana jika teman Anda memiliki smartphone atau iPad, sehingga tidak dapat menggunakan koneksi broadband? Jawabannya adalah jauh lebih sederhana daripada Anda harus pergi keluar untuk menghabiskan banyak uang untuk membeli router: mengubah PC Anda menjadi Router WiFi.

Jika Anda memiliki laptop, Anda dapat berbagi koneksi internet sangat mudah, dan Anda dapat melakukannya tanpa mengeluarkan uang. Yang harus Anda lakukan adalah men-download salah satu aplikasi di bawah, menginstal dan menggunakannya sesuai dengan petunjuk, dan Anda akan segera mengubah PC Anda menjadi Router WiFi untuk mendapatkan jaringan WiFi pribadi. Siapa pun dengan password yang Anda berikan, orang-orang di sekitar Anda dapat terhubung ke internet.


Jika Anda memiliki komputer desktop yang tidak memiliki kartu nirkabel, Anda perlu membeli alat tersebut. Setelah Anda memiliki kartu USB nirkabel, Anda cukup menginstal driver kemudian gunakan salah satu aplikasi gratis di bawah untuk mengubah PC Anda menjadi Router WiFi sehingga Anda dapat membuat jaringan WiFi pribadi yang aman.

Berikut adalah beberapa aplikasi gratis terbaik yang akan membantu Anda mengubah PC Anda menjadi Router WiFi:

Virtual WiFi Router

Mengubah PC Anda Menjadi Router WiFi

Virtual WiFi Router adalah software yang dapat bekerja pada Windows 7 dan Windows 8. Aplikasi gratis ini sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan nama jaringan yang ingin Anda buat dan password untuk mencegah orang yang tidak sah  menggunakan koneksi internet Anda. Kemudian pilih kartu yang Anda inginkan untuk berbagi, tekan Start, dan hotspot Anda dibuat dalam beberapa saat dan Anda telah berhasil mengubah PC Anda menjadi Router WiFi.  Meskipun program tidak memungkinkan Anda untuk memilih jenis (protokol) proteksi password dengan (WEP, WPA, dll), ia menawarkan beberapa fungsi bagus seperti kemampuan untuk melihat pengguna saat terhubung ke jaringan Anda. Selain itu, Virtual WiFi Router dapat diatur untuk memulai pada Windows startup sehingga setiap orang dapat terhubung ke Internet secepat Windows selesai loading.

My WiFi Router

Mengubah PC Anda Menjadi Router WiFi

My WiFi Router salah satu aplikasi yang dapat mengubah PC Anda menjadi Router WiFi. Dibandingkan  dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini lebih mudah digunakan karena secara otomatis mendeteksi kartu nirkabel aktif. Ini berarti bahwa setelah Anda mengetik nama dan password untuk hotspot Anda, Anda dapat klik Start, dan semuanya akan siap untuk menggunakan. Aplikasi ini menawarkan dukungan untuk Windows XP, 7 dan 8. Fitur My WiFi Router adalah kemampuan program untuk memperluas jangkauan nirkabel dari perangkat default Anda.

WiFi Hotspot Creator

Mengubah PC Anda Menjadi Router WiFi

WiFi Hotspot Creator adalah software ringan yang akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengubah PC Anda menjadi Router WiFi dan membuat jaringan nirkabel pribadi. Perangkat gratis ini tersedia dalam empat bahasa dan seperti aplikasi sebelumnya, yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan nama dan password untuk hotspot, pilih kartu jaringan yang ingin Anda gunakan, dan Anda sudah siap menggunakannya. Meskipun aplikasi tidak menampilkan koneksi aktif, itu memungkinkan Anda mempertahankan bandwidth Anda dengan membatasi jumlah orang yang bisa menggunakan jaringan Anda.

Demikianlah beberapa aplikasi yang dapat mengubah PC Anda menjadi Router WiFi. Silahkan mencoba semoga berhasil untuk mengubah PC Anda menjadi Router WiFi.


Post a Comment