10 Top Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Masa

10 Top Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Masa

Kedengarannya sangat mengerikan, ada beberapa virus komputer paling berbahaya sepanjang masa. Virus komputer dapat menjadi mimpi buruk yang dapat menyebabkan kerusakan yang serius terhadap komputer Anda. Virus komputer secara signifikan dapat mengganggu kinerja sistem Anda dan berpotensi untuk menghapus segala sesuatu di hard disk Anda. Seperti kanker, radang paru-paru dan penyakit mematikan lainnya bagi manusia, begitu juga virus komputer terhadap komputer.

Virus komputer telah ada selama bertahun-tahun. Bahkan, pada tahun 1949, seorang ilmuwan bernama John von Neumann berteori tentang program yang mungkin mereplikasi diri sendiri. Tapi butuh beberapa dekade sebelum programmer dikenal sebagai hacker mulai membangun virus komputer.

Sementara beberapa orang jahil menciptakan program mirip virus untuk sistem komputer, ini merupakan pertama kali komputer pribadi yang membawa virus komputer yang menjadi perhatian publik. Seorang mahasiswa doktor bernama Fred Cohen adalah orang pertama yang menggambarkan program replikasi diri yang dirancang untuk memodifikasi virus komputer.
Virus komputer dirancang untuk terus-menerus mereplikasi dirinya sendiri dan akan mengakibatkan korup, seperti halnya bayi kecil yang cerdas akhirnya sakit dan tak berdaya. Virus komputer hanyalah salah satu jenis ancaman online, tapi bisa dibilang virus komputer yang paling terkenal dari kelompoknya.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak PC telah terinfeksi oleh virus komputer dan telah ada virus komputer yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global secara drastis.

Dan inilah daftar 10 virus komputer paling berbahayasepanjang masa menurut TechWeb:

CIH (1998)

Perkiraan Kerusakan: 20 sampai 80 juta dolar di seluruh dunia, jumlah data PC hancur tak terhitung. Berasal dari Taiwan pada bulan Juni 1998

Melissa (1999)

Perkiraan Kerusakan: 300-600 juta dolar

ILOVEYOU (2000)

Perkiraan Kerusakan: 10 sampai 15 miliar dolar

Code Red (2001)

Perkiraan Kerusakan: 2 miliar dan 600 juta dolar

SQL Slammer (2003)

Perkiraan Kerusakan: Karena SQL Slammer meletus pada hari Sabtu, kerusakannya rendah dalam hitungan dolar dan sen. Namun, memukul 500.000 server di seluruh dunia dan benar-benar menutup online Korea Selatan selama 12 jam

Blaster (2003)

Perkiraan Kerusakan: 2 sampai 10 miliar dolar dan ratusan ribu PC yang terinfeksi

Sobig.F (2003)

Perkiraan Kerusakan: 5 sampai 10 miliar dolar dan lebih dari 1 juta PC yang terinfeksi

Bagle (2004)

Perkiraan Kerusakan: Puluhan juta dolar

MyDoom (2004)

Perkiraan Kerusakan: Pada puncaknya, kinerja Internet secara global melambat sebesar 10 persen dan beban Web hingga 50 persen

Sasser (2004) 

Perkiraan Kerusakan: Puluhan juta dolar


Sumber : TechWeb

Post a Comment