Trojan Krysanec Menyamar Sebagai Applikasi Android Yang Sah

Robert Lipovski, peneliti malware di ESET, baru-baru ini menemukan sebuah Trojan baru menjelajah di dunia Androidndroid, Trojan ini menyamar sebagai aplikasi yang sah. Spyware ini disebut Krysanec yang sangat berbahaya. Krysanec melekat pada aplikasi asli, sehingga dapat mengambil kendali atas beberapa fungsi perangkat Anda.
Trojan Krysanec Menyamar Sebagai Applikasi Android Yang Sah
[Image: http://articles.informer.com]

Cara yang paling umum penularannya dengan RAT (Remote Access Trojan) yaitu dengan men-download dan menginstal aplikasi dari sumber yang berbahaya. Laporan Liposvski menyatakan bahwa yang paling mungkin menyebarkan infeksi ke perangkat Anda adalah aplikasi populer berbayar versi cracked. Pada saat ini, backdoor Trojan penyebarannya melalui berbagai sumber (situs dengan konten bajakan, cracks dan serial keys) ke jejaring sosial. (Baca: Hacker Selipkan Logic Bomb Di Jaringan Nasdaq)


Berita Teknologi ini didapat dari hasil penelitian di ESET, setelah terinstal pada perangkat Android Anda, Spy.Krysanec akan panen informasi dan mendapatkan akses backdoor untuk berbagai fungsi dan modul seperti kamera, panggilan log, lokasi GPS, mikrofon, daftar aplikasi yang terinstal, daftar kontak, SMS yang disimpan, browser history. Peneliti di ESET mengatakan bahwa, cara terbaik untuk menghindari jenis infeksi adalah untuk men-download aplikasi hanya dari sumber terpercaya seperti Google Play Store.
Dari beberapa laporan, hal ini menjadi ancaman serius. Bahkan sebuah laporan mengatakan ada iklan terselubung yang menyatakan kepada ESET bahwa hacker Rusia mengumpulkan lebih dari 1 miliar data akun. (Baca: Software Antivirus Terbaik Android 2014)

Sumber : Informer.com

Post a Comment