Trojan dan Jenis-Jenis Tindakanya

Masih banyak diantara kita yang masih bertanya-tanya, makhluk apakah Trojan itu? Dan tindakan apa saja yang bisa dilakukan oleh Trojan?. Semoga postingan kali ini bisa memberikan pencerahan bagi para pembaca tentang Trojan dan Jenis-Jenis tindakannya.
Trojan dan Jenis-Jenis Tindakanya
[Image: CISAC]

Trojan adalah program jahat yang melakukan tindakan tanpa diizinkan oleh pengguna komputer yang sah. Tindakan ini dapat mencakup:
  1. Menghapus Data
  2. Memblokir Data
  3. Memodifikasi Data
  4. Menyalin Data
  5. Mengganggu kinerja komputer atau Jaringan komputer
Tidak seperti virus komputer dan worm, Trojan tidak dapat mereplikasi diri. Terus… Bagaimana Trojan dapat mempengaruhi Anda? Trojan diklasifikasikan sesuai dengan jenis tindakan yang dapat mereka lakukan pada komputer Anda: (Baca: Menuju Era "Cyber Defence")

Backdoor

Komputer sangat berbahaya jika terinfeksi backdoor. Backdoor dapat melakukan apa saja sesuai dengan tujuan pembuatanya, pada komputer yang terinfeksi - seperti pengiriman, penerimaan, meluncurkan, menghapus file, menampilkan data, dan reboot komputer. Backdoor sering digunakan untuk menyatukan beberapa komputer untuk membentuk botnet atau zombie yang dapat digunakan untuk tujuan kriminal.

Eksploitasi

Eksploitasi adalah program berisi data atau kode yang dapat mengambil keuntungan dari kelemahan pada aplikasi perangkat lunak yang berjalan pada komputer Anda.

Rootkit

Rootkit dirancang untuk menyembunyikan obyek atau kegiatan tertentu dalam sistem anda. Rootkit adalah program yang bertujuan untuk menyusup, menyembunyikan proses, file dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat rootkit itu berada atau bernaung.

Trojan-Banker

Program Trojan-Banker dirancang untuk mencuri data akun pada sistem perbankan online, sistem e-payment, dan kredit atau kartu debit.

Trojan-DDoS

Program-program ini melakukan serangan DoS (Denial of Service) terhadap alamat web yang ditargetkan. Dengan mengirimkan beberapa permintaan dari komputer Anda dan beberapa komputer yang terinfeksi lainnya. Serangan dapat membanjiri alamat target ... yang mengarah ke serangan denial of service. (Baca: Trojan Krysanec Menyamar Sebagai Applikasi Android Yang Sah)

Trojan-Downloader

Trojan-Downloaders dapat men-download dan menginstal versi terbaru dari program berbahaya ke komputer Anda - termasuk Trojans dan adware.

Trojan-Dropper

Program ini digunakan oleh hacker untuk menginstal Trojan dan / atau virus - atau untuk mencegah mendeteksi program jahat. Tidak semua program antivirus mampu menscan jenis Trojan.

Trojan-FakeAV

Program Trojan-FakeAV mensimulasikan aktivitas perangkat lunak antivirus. Trojan-FakeAV dirancang untuk memeras uang korbannya sebagai imbalan untuk deteksi dan penghapusan ancaman ... meskipun ancaman yang mereka laporkan sebenarnya tidak ada.

Trojan-GameThief

Program jenis ini mencuri informasi akun pengguna dari gamer online.

Trojan-IM

Program Trojan-IM mencuri login dan password untuk program instant messaging - seperti ICQ, MSN Messenger, AOL Instant Messenger, Yahoo Pager, Skype, dll.

Trojan-Ransom

Jenis Trojan ini dapat memodifikasi data di komputer Anda, sehingga komputer Anda tidak berjalan dengan benar atau Anda tidak dapat lagi menggunakan data tertentu. Pelaku hanya akan mengembalikan kinerja komputer Anda atau membuka blokir data Anda, setelah Anda membayar uang tebusan yang mereka minta.

Trojan-SMS

Program-program ini dapat dikenakan biaya uang - dengan mengirimkan pesan teks dari ponsel Anda ke nomor telepon premium.

Trojan-Spy

Program Trojan-Spy dapat memata-matai bagaimana Anda menggunakan komputer Anda - misalnya, dengan melacak data yang Anda masukkan melalui keyboard Anda, mengambil screen shot, atau mendapatkan daftar aplikasi yang sedang berjalan.

Trojan-Mailfinder

Program-program ini dapat panen alamat email dari komputer Anda.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Post a Comment