Tips Merawat Komputer (PC)

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang Cara Menjaga Komputer (PC) Yang Benar, pada kesempatan ini Gubuk Maya akan berbagi dengan judul Tips Merawat Komputer (PC). Langsung aja kita ke TKP… 
Tips Merawat Komputer (PC)
[Image: Informer]

Jangan Menyimpan File Pribadi atau Data Penting di Drive C

Tips ini untuk menghindari jika terjadi komplikasi yang tidak diinginkan, misalnya terjadi kesalahan dengan Sistem Operasi (Windows) Anda. Drive C adalah tempat dimana Sistem Operasi Anda terinstal, hal ini memungkinkan akan mengganggu file-file data Anda. Nah, dari pada membuang-buang waktu pada saat Anda mencoba untuk memulihkan kesalahan yang terjadi di Sistem Operasi (Windows), Anda cukup menyimpan file penting pada partisi yang berbeda untuk mengurangi resiko kehilangan data.

Gunakan Prosedur yang Benar untuk Mematikan PC Anda

Menggunakan jalan pintas adalah satu hal yang dilarang…  begitu juga dalam meatikan PC Anda. Seperti hanya menekan tombol power tanpa menjalankan perintah Windows yang benar, hal ini berisiko mengorbankan sistem operasi dan data pada hard disk Anda. Selain itu, tindakan yang lebih buruk lagi adalah mencabut kabel power, karena akan mengakibatkan terbakarnya HDD Anda.


Uninstall Program yang Tidak Diperlukan Lagi, Jangan Hanya Menghapusnya

Jika Anda hanya menghapus program yang tidak lagi digunakan, Anda akan membuat kesalahan registri dan secara tidak sengaja memperlambat Windows Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menghapus program menggunakan uninstallers, Anda bisa menggunakan add/remove programs pada fitur di Control Panel atau Anda bisa menggunakan program uninstaller khusus seperti Revo Uninstaller (freeware).

Jika Anda Tidak Tahu Persis, Jangan Membersihkan File-File Sementara dan Sampah

Jika Anda tidak benar-benar yakin tentang hasil dari tindakan Anda, lebih baik Anda langsung mencari bantuan dari pengguna komputer yang lebih berpengalaman atau mempercayakan pekerjaan ini pada program pembersihan seperti Wise Disk Cleaner (freeware). Keuntungan terbesar dari menggunakan alat khusus untuk membersihkan file sampah adalah bahwa sebelum memulai pekerjaanya kemungkinan besar akan membuat jalur backup. Dengan demikian, Anda akan selalu memiliki jaring pengaman jika sesuatu berjalan salah.

Menggunakan Detektor Malware dan Firewall

Spyware, Trojan, worm dan keyloggers hanyalah beberapa hal dianggap “jahat” yang dapat Anda temui di dunia komputer. Karena itu jauh lebih mudah untuk mencegah infeksi daripada berurusan dengan dampaknya, memiliki aplikasi anti-malware adalah sangat berguna. Malwarebytes adalah program yang bagus untuk membantu Anda dari masalah ini, jika anda belum memiliki salah satu yang Anda sukai. Firewall alat yang baik memblokir akses ke komputer Anda terhadap upaya hack. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan alat seperti ZoneAlarm atau Ashampoo Firewall yang juga memiliki versi freeware. (Baca: Software CPU-Z untuk Informasi dan Monitoring hardware)

Jagalah Hardware Anda Tetap Bersih

Bukankan kebersihan adalah sebagian dari iman….  bersihkanlah ventillasi dari debu, jika berdebu hal ini dapat menyebabkan overheating dari berbagai bagian komputer (CPU, hard-disk, sumber daya, dll) dan memperlambat PC turun, macet, atau paling buruk akan mengakibatkan panas di dalam dan membakarnya. Inilah sebabnya, tidak peduli seberapa bersih rumah Anda, Anda harus membersihkan hardware Anda setidaknya sekali setahun. Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, mintalah seorang teman teknisi komputer. Meskipun Anda sudah tau kasus di atas, Anda juga harus memeriksa apakah CPU Anda memiliki pendingin yang cukup.  
Demikianlah beberapa tips kecil dan ringan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal terhadap komputer Anda. Beberapa program Aplikasi yang disarankan di atas adalah murni referensi pribadi selanjutnya terserah Anda untuk menggunakan program yang Anda suka. Semoga bermanfaat.

Post a Comment