Tips Melindungi Hard Drive Dari Intervensi Luar dan Crash Intern

Hard drive (Hard Disk) adalah komponen penting dari sebuah komputer desktop. Di alat inilah data dan Sistem Operasi disimpan. Mungkin saja data yang tersimpan di hard disk terdapat tool untuk hiburan, file bisnis, informasi rahasia, dll. Intinya pada kesempatan kali ini Gubuk Maya akan Berbagi Ilmu Pengetahuan, yaitu bagaiman Anda melindungin hard disk dari intervensi luar dan crash intern.

Tips Melindungi Hard Drive Dari Intervensi Luar dan Crash Intern
 [image: Laptop Repair]

Mangatur Password dan Enkripsi pada File

Mengatur Password dan Enkripsi pada File akan membantu Anda untuk membatasi akses orang lain ke data Anda. Anda dapat mengenkripsi file terpisah atau seluruh folder, Anda juga dapat mengatur password untuk informasi yang dilindungi: baik dengan kode yang Anda buat sendir, atau dengan bantuan generator yang dilengkapi dengan utilitas. (Baca: Tips Merawat Komputer (PC))

Hilangkan Kesalahan

Kesalahan pada hard disk ini sering terjadi, hal ini dapat disebabkan oleh serangan virus atau disk crash Banyak software yang dapat mengatasi hal ini. Intinya jika ada kesalahan (error) pada hard disk harus segera disembuhkan, karena akan berpotensi menghilangkan file atau data yang ada di hard disk. (Baca: Cara Menjaga Komputer (PC) Anda Dengan Benar)


Membackup Informasi

Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda ingin memiliki semua data yang disimpan, Anda harus membuat salinan data yang tersimpan pada Hard Disk Anda. Membuat salinan data adalah tindakan yang paling murah dan mudah. Coba Anda bandingkan ketika data Anda hilang tanpa ada salinannya... 

Mengelola Drives

Kelola Disk Drive Anda, hal ini akan membantu Anda dalam menjaga informasi-informasi penting Anda. Anda dapat membagi Hard Disk Anda menjadi beberapa bagian. Dan diusahakan data penting Anda disimpan ke dalam Drive selain Drive C, ketika ada kesalah di Sistem Operasi (Windows) Anda, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data. (Baca : Software CPU-Z Untuk Informasi dan Monitoring Hardware)

Lakukan Defragmentation

Hal terakhir yang akan membantu Anda melindungi hard drive dari crash adalah defragmentasi. Hal ini dianjurkan untuk dilakukan secara periodik, untuk lebih mengatur penggunaan sektor disk dan mempercepat kinerja PC Anda. Prosedur ini dapat diklasifikasikan sebagai tindakan pencegahan kerusakan disk.

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Post a Comment