Cara Menjaga Komputer (PC) Anda Dengan Benar

Beberapa trik yang akan membantu Anda menjaga komputer Anda dalam kondisi prima untuk selama mungkin.
[Image: Informer]

Apakah Anda berencana membeli komputer baru setiap tahun? Kalau bener, silahkan Anda baca-baca artikel yang lain saja. Kalau tidak silahkan lanjutkan membaca artikel ini… 

Ada hal yang terbaik jika Anda tahu bagaiman merawat komputer yang sudah Anda miliki. Tidak peduli seberapa canggih perangkat keras computer Anda, kinerja komputer Anda akan berkurang dengan sendirinya, jika tidak merawatnya dengan baik. Berikut adalah beberapa tips penting tentang cara untuk memperpanjang masa hidup dan meningkatkan kinerja komputer Anda.


Menginstal Ulang Windows Anda Secara Teratur

Ini adalah solusi yang paling sederhana dan jelas. Jika komputer Anda menunjukkan masalah kinerja seperti membutuhkan waktu yang lama dalam memulai aplikasi atau terus menerus terjadi crash. Solusi yang terbaik untuk menyelesaikan permasalahan Anda adalah menginstal ulang Windows Anda. Meskipun Anda harus menginstal ulang driver dan program-program yang lain, itu hal yang biasa dan sepadan dengan hasilnya nanti. (Baca: Tutorial Instal Ulang Windows 8 Lengkap Dengan Gambar)

Membaca Teks Diposting oleh Installer

Sesuatu yang sangat mudah dilakukan oleh sebagian besar orang, tetapi hanya beberapa saja yang melawati proses ini. Idenya adalah bahwa Anda tidak memperhatikan informasi teknis yang diberikan oleh installer, namun, beberapa program mungkin ingin menginstal perangkat lunak lain bersama dengan aplikasi utama. Dalam beberapa kasus instalasi sangat "transparan", tetapi masih sering ditemukan setup yang agak licik, dan Anda perlu memperhatikannya untuk menghindar (dan kadang-kadang sangat berbahaya) perangkat lunak yang diinstal pada PC Anda. Saya tidak mengatakan bahwa setiap installer buruk, hanya saja Anda harus mengerti tentang apa yang Anda "Masukkan ke PC".

Tinggalkan Situs-Situs “Berbahaya”

Ini cukup jelas, tetapi bagi Anda yang tidak mengetahui hal ini, website “berbahaya” sering terinfeksi dengan beberapa malware jahat. Untuk menghindari kabar yang tidak menyenangkan, Anda dapat menginstal McAfee SiteAdvisor. Aplikasi ini gratis dan informasi yang diberikannya umumnya dapat diandalkan. (Baca: Flashdisk Dipasang Chip Pengontrol Yang Mengandung Malware)

Cobalah untuk Tidak Membuat “Ramai” Daftar Program Startup

Daftar startup berisi aplikasi yang secara otomatis diluncurkan oleh Windows. Akibatnya, daftar panjang terasa bisa menunda waktu loading sistem operasi Anda. Cara terbaik untuk menghindari kelebihan beban adalah Anda hanya mengizinkan aplikasi yang diperlukan dan sering digunakan " start with Windows". Untuk bantuan lebih lanjut, Anda dapat menginstal manajer startup seperti Quick Startup (freeware). Untuk tips berikutnya silahkan dibaca di Tips Merawat Komputer (PC)

Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu


Post a Comment