Bagaimana Cara Hacker Bekerja?

Seperti apa cara hacker bekera? Mungkin ini pertanyaan yang sering kita dengar. Kali ini Gubuk Maya ingin berbagi ilmu tentang Bagaiman Cara Hacker Bekerja?

Bagaimana Cara Hacker Bekerja?
[Image: dreamstime]

Seperti kejahatan di dunia nyata, kejahatan cyber pun terjadi dengan perencanaan yang matang dan rapi. Para pelaku kejahatan cyber tentunya melakukan sejumlah persiapan dengan matang dengan beberapa tahapan. Dan masing-masing tahapan mempunyai kelompok spesialis tersendiri. (Baca: Target Serangan Malware Stuxnet Adalah Energi dan Utilitas Perusahaan)

Dikatakan oleh Achmad Arif (Country Manager Hewlett Packard (HP) Enterprise Security Indonesia), tren hacking saat ini tidak lagi sebagai ajang pamer eksistensi, melainkan kini aksi hacking lebih mengarah ke bisnis untuk mencuri keuntungan. "Itu sebabnya, sebelum melakukan kejahatan mereka riset dalam waktu berbulan-bulan bahkan bisa sampai tahunan sampai mereka mengerti dan hafal sistem. Jadi ada kelompok hacker tertentu yang khusus melakukan riset".


Selanjutnya, kelompok ini akan menjual hasil risetnya ke kelompok hacker lain. Aksi selanjutnya adalah tahap infiltrate. Para programmer melakukan hack, masuk ke infrastruktur sasaran. Misalnya mengirimkan malware dengan tujuan mencari dan mencuri data/informasi penting. (Baca: Mengenal Virus Sebagai Penyebab Kerusakan Komputer dan Software)

Cara yang paling dasar untuk menghindari adanya kejahatan cyber adalah:
  1. Gunakan password yang kuat
  2. Gunakan sistem deteksi firewall dan intrusion
  3. Gunakan sistem anti-virus
  4. Gunakan teknik enkripsi
  5. Update secara rutin sistem operasi dan aplikasi lainnya
  6. Backup secara teratur file penting
  7. Adanya kesadaran terhadap keamanan sistem
Gubuk Maya | Tempat Berbagi Ilmu

Sumber: www.idsirtii.or.id

Post a Comment