Teori Dasar Komunikasi Data dan Jaringan

Jaringan komunikasi data adalah kumpulan terminal data yang saling terhubung melalui media transmisi tertentu dengan tujuan untuk berbagi data/informasi. Perangkat terminal data atau DTE (Data Terminal Equipment) adalah perangkat yang mampu mengirim atau menerima data melalui jaringan. Jika DTE berupa komputer atau perangkat lain yang berhubungan dengannya (seperti printer atau scanner), jaringannya biasa disebut jaringan komputer.

Biarpun jaringan komunikasi data yang paling populer adalah menggunakan komputer sebagai terminal datanya, namun penggunaan istilah DTE lebih disarankan karena pada banyak aplikasi kita juga menggunakan terminal yang tidak berbentuk komputer. Misalnya jaringan ATM (Anjungan Tunai Mandiri), telpon seluler, dan lain-lain.
Sebuah jaringan biasanya terdiri dari dua atau lebih DTE yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik.



Post a Comment