Manakah yang Tepat, Analisa atau Analisis?

Manakah yang tepat, analisa atau analisis? Peneliti sedang menganalisis masalah ataukah peneliti sedang menganalisa masalah? Bagi sebagian pendapat mengatakan mengatakan yang terpenting adalah konsisten dalam penggunaan. Tetapi benarkah demikian? Kedua istilah ini, analisa dan analisis, sama-sama cukup banyak digunakan. Jika kita melakukan searching di google, menunjukkan kata analisa cukup banyak yang menggunakannya. Tetapi apakah analisa adalah kata yang tepat?

Manakah yang Tepat, Analisa atau Analisis?

Menurut kalangan ahli bahasa seharusnya penggunaan yang tepat adalah analisis.  hal ini dikarenakan kata analisis merupakan kata serapan dari bahasa asing (inggris) yaitu analisys. Dari akhiran-isys bila diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi -isis. Analisis adalah istilah yang tepat untuk menyerap kata analysis. Menurut KBBI, analisis adalah kata benda yang berarti penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Nosi lain untuk analisis adalah penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya dan pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

Orang yang melakukan analisis disebut dengan analis yang merupakan serapan dari kata analyst dalam bahasa Inggris. Kita mengenal istilah analis kimia atau analis sistem. Jadi sudah seharusnya bagi kita untuk meluruskan penggunaan setiap bahasa agar tercipta praktik kebahasaan yang baik dan benar demi tatanan bangsa Indoesia yang semakin baik

Mulai sekarang, gunakan analisis dan bukan analisa ketika Anda menulis! Ini bukan masalah halal atau haram. Ini adalah masalah taat asas dan untuk menghindari kesalahan turun-temurun dalam menggunakan bahasa Indonesia yang akan sulit untuk dikoreksi.




Post a Comment