Wide Area Network (WAN)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas mengenai teknis pengalamatan IP lanjut, yaitu Network Address Translation (NAT), Port Address Translation (PAT), dan DHCP. Selanjutnya, penerapan komunikasi teknologi WAN seperti Frame Relay, Point-to-Point Protocol, HDLC dan ISDN, manajemen jaringan serta pengantar jaringan optik. Penjelasan yang mendukung matakuliah Teknologi WAN termasuk juga tentang Routing Protocol EIGRP, OSPF dan konsep Switchingserta VLAN.
Wide Area Network (WAN)

Mata kuliah ini melibatkan mahasiswa dalam analisa, rencana pengalamatan IP dan implementasimelibatkan mahasiswa dalam analisa, rencana pengalamatan IP dan implementasi piranti jaringan sesuai dengan topologi jaringan skala WANMahasiswa diajak untuk melihat berbagai model topologi jaringan dan piranti yang tidak hanya terbatas pada gambar rancangan topologi, tetapi dengan piranti kabeling, piranti jaringan dan konfigurasi melalui emulator Packet Tracer. Mahasiswa diajak untuk berbagi pengalaman dalam setiap pembahasan materi perkuliahan melalui diskusi tugas paper kelompok atau individu.

Untuk tugas, mahasiswa membuat makalah tentang Teknologi WAN dan Proposal Tugas AKhir (TA). Adapun teknik penulisan Tugas Akhir (TA), dapat dilihat di mata kuliah Metodologi Penelitian.


Download Materi
  1. Review Materi LAN
  2. Instalasi dan Konfigurasi Router
  3. Pengantar WAN

Post a Comment