Cara Mengganti Nama domain Blogspot Dengan Nama Domain Sendiri

Apakah Anda akan mengganti nama domain blogspot dengan nama domain sendiri? Kalau iya, Anda lanjutkan untuk membaca artikel ini.  Baiklah dalam postingan ini Gubuk Maya akan mencoba memberikan tutorial tentang cara mengganti nama domain blogspot dengan nama domain sendiri (seperti .com, .info, .net  atau yang lainnya).

Bagaimana kah cara setting-nya? Caranya sangatlah mudah dengan catatan Anda telah memiliki nama domain sendiri dan hosting. 
  1. Pastikan Anda telah memesan hosting, bisa pesan secara gratis Free domain parking (gratis).
  2. Setelah Free Domain Parking aktif, selanjutnya login blogger, lalu masuk ke menu "Setting"
  3. Setting > Basic 
      
  4. Tambahkan domain anda dengan cara mengklik + Add a custom domain. Misalanya nama domain anda adalah suskasuka.com
  5. Saat anda klik Save blogger akan meminta verifikasi CNAME. 2 Kode CNAME akan muncul, yaitu www dengan address ghs.google.com dan dan berupa kode acak dari goolge (setiap domain akan berbeda).
  6. Copy kode di atas ke notepad untuk memudahkan. Lalu login ke cPanel dan masuk ke menu Advanced DNS Zone Editor.
  7. Isikan nama domain anda, contoh:  seperti pada gambar di bawah ini.
  8. Add a record, isi CNAME dengan kode acak di bawah www (pada halaman di langkah 5), isi TTL: 14400, Type CNAME, dan isi Address dengan kode acak di bawah ghs.google.com (pada langkah 5) yang sudah dicopy di notepad tadi.
  9. Klik Add Record
  10. Tunggu sekitar 1-4 Jam, lalu coba kembali langkah 5. jika verifikasi gagal, pastikan kembali langkah ke 7 dan 8 dilakukan dengan benar.
Note: Name server domain anda harus mengarah ke hosting dimana anda melakukan setting Cpanel di atas. hubungi pihak penyedia domain anda untuk request pengarahan name server. (dalam tutorial ini kami menggunakan penyedian domain dari qwords.com)
Gubuk Maya: Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...^_^

Post a Comment