Pemanfaatan Internet dan Email Sebagai Media Pembelajaran Di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi

Gubuk Maya kali ini akan membahas tentang Pemanfaatan Internet dan Email Sebagai Media Pembelajaran Di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pemanfaatan komputer dalam proses pembelajaran tidak hanya dapat digunakan secara stand alone, tetapi dapat pula dimanfaatkan dalau suatu jaringan. Jaringan komputer telah dimungkinkan proses belajar menjadi lebih luas, lebih intekatif, dan fleksibel. Peserta didik dapat melakukan proses belajar tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Artinya, jika peserta didik dapat melakukan proses belajar di mana saja dan kapan saja.

Pemanfaatan Internet dan E-mail sebagai media pendidikan atau sering juga disebut dengan e-learning adalah adanya kemungkinan bagi peserta didik untuk melakukan interaksi dengan sesama peserta didik, dan dengan pengajar di luar ruang kelas. Kemampuan interaktif ini mampu membuat proses belajar menjadi lebih efektif yang memberi kemungkinan kepada pengajar untuk memberikan umpan balik (feedback) terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Saat ini teknologi internet telah memungkinkan setiap orang memperoleh akses yang lebih besar terhadap beragam informasi yang tersedia. Teknologi ini telah dimanfaatkan secara luas meulai dari tingkat pendidikan dasar sampai pada jenjang yang lebih tinggi.

Pemanfaatan e-learning dapat digunakan secara bervariasi, pengajaran dapat dilakukan secara penuh melalui komputer, namun dapat pula dikombinasikan dengan tatap muka yang telah menjadi bagian dari proses pembelajaran. Untuk langkah awal, kombinasi antara e-learning dengan tatap muka lebih fleksibel. Tugas-tugas dapat diberikan oleh pengajar dan dikerjakan oleh peserta didik melalui komputer, hal ini membuka kemungkinan bagi pengajar untuk memberikan penilaian yang terbuka dan juga memberi kesempatan kepada peserta didik lain untuk memberikan masukan.

Dari pemaparan di atas, Pemanfaatan Internet dan Email Sebagai Media Pembelajaran Di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sangat banyak manfaatnya dengan catatan SDM, Infrastruktur dan peserta didik sudah siap untuk memanfaatkannya.

Gubuk Maya: Semoga bermanfaat.... ^_^ 

2 komentar

Di tambah lagi kang, dengan perkembangan gadget yang memudahkan kita mengakses informasi dari internet

Reply

setuju. dimanapun...kapanpun kita bisa belajar....

Reply

Post a Comment