Mengenal Virus Sebagai Penyebab Kerusakan Komputer dari Faktor Software

Kali ini Gubuk Maya, akan berbagi tentang Mengenal Virus Sebagai Penyebab Kerusakan Komputer dari Faktor Software. Seperti sudah kita ketahui bahwasanya tidak semua software dibuat untuk kebaikan, ada juga yang dibuat untuk tujuan jahat/merusak seperti halnya virus komputer, cara penyebaran juga bervariasi dan cara yang tebaru menggunakan media udara. Hingga saat ini jutaan jenis virus komputer telah bermunculan seiring dengan berkembangnya software yang ada. 
Virus dapat dikenali dari beberapa jenis antara lain:
1. Jenis virus menurut cara penyebarannya
a.  Virus boot sector / partisi, virus ini menyerang harddisk atau floppy disk  pada sector 0. Virus ini sangat berbahaya karena apabila harddisk      terserang virus ini akan berakibat tidak dapat digunakan lagi.
b. Virus file, virus ini bersifat menumpang pada file lain.
c. Virus hybrid, virus yang sangat pandai menyamar, seakan-akan virus  tersebut hanyalah file biasa.

2. Jenis virus menurut tingkat keganasannya
a. Virus jinak adalah virus yang tidak membahayakan komputer baik  software maupun hardware. Jenis virus ini hanya bersifat mengganggu    program computer.
b. Virus ganas, sesuai dengan namanya virus ini sangat berbahaya karena  dapat merusak sistem operasi atau program lain dari komputer. Virus ini susah dideteksi karena biasanya menumpang pada file lain dengan extention tertentu misalnya COM dan EXE.
c. Virus mematikan, virus jenis ini selain dapat merusak sistem operasi atau program computer juga dapat merusak hardware terutama media penyimpanan.

3. Jenis virus menurut tujuannya
a. Untuk popularitas, salah satu cara untuk memperkenalkan diri yaitu dengan membuat penyakit di bidang komputer.
b. Untuk tujuan proteksi, virus komputer ini dapat memproteksi data suatu instansi pemerintah atau swasta. Misalnya data perusahaan yang sangat rahasia akan diberi password. Jika password tersebut salah dalam 3 kali, ia akan dianggap pemakai tidak sah dan menularkan virus atau menyerang pemakai tersebut serta akan merusak komputer pemakai.
c. Untuk tujuan sabotase, ini banyak terjadi pada negera-negara maju yang telah terintegrasi data Negara tersebut pada bank data. Cara penyebarannya dengan menyusupkan virus pada jaringan komputer.
d. Untuk tujuan komersial, semakin banyaknya perusahaan pembuat anti virus. Virus dibuat dan apabila virus sudah menyebar kemana-mana maka akan dibuat anti virusnya.

Virus yang kini berjumlah jutaan tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa nama, antara lain:
  1. Virus Worm, virus ini berkembang dengan cara memperbanyak diri sendiri dari satu komputer ke komputer lain dan tidak bergantung pada program lain.
  2. Virus Trojan, virus diambil dari cara orang romawai berperang yaitu menyelundupkan pasukan ke dalam kuda-kudaan yang besar dan dikirm ke dalam benteng musuh.
  3. Virus Bomb, virus ini cara kerjanya sama dengan trojan hanya saja virus ini menggunakan waktu.
  4. Virus Trap door (Back door). Virus ini dirancang khusus untuk masuk kedalam suatu sistem dengan cara mebuat jalan rahasia dan melalui jalur belakang.
  5. Virus Spoof, pada umumnya virus ini diberikan untuk program yang melakukan suatu trik dengan memberikan hak-hak istimewah kepada user.
  6. Dan masih banyak yang lainnya...

Gubuk Maya: Semoga ada manfaatnya....^_^

Post a Comment